Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Informasi Hoax dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis (Terkait Beberapa Makanan dan Minuman)

Main Author: Tri Dewi Apriyani, 1513023046
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/58243/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58243/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58243/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58243/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran berbasis masalah informasi hoax dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA salah satu SMA di Gedongtataan. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Data penelitian dianalisis menggunakan statistik parametrik dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata postes di kelas eksperimen yaitu sebesar 81,67 serta n-gain rata-rata di kelas eksperimen sebesar 0,71 yang berkategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah informasi hoax efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci: informasi hoax, keterampilan berpikir kritis, pembelajaran berbasis masalah