EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAUR ULANG MINYAK JELANTAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA SMA
Main Author: | Tri Rohmah Muharromah, 1513023045 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/58233/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/58233/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/58233/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/58233/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis proyek daur ulang minyak jelantah (PBPDUMJ) dalam meningkatkan keteram-pilan berkomunikasi siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan The Matching-Only Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 14 Bandarlampung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan didapatkan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIA 6 sebagai kelas eksperi-men. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik parametrik meng-gunakan uji-t dan perhitungan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata postes kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, serta nilai rata-rata n-gain kelas eksperimen berkategori sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah PBPDUMJ efektif dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa SMA. Kata kunci: pembelajaran berbasis proyek, keterampilan berkomunikasi, daur ulang minyak jelantah