EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAUR ULANG MINYAK JELANTAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA SMA

Main Author: Tri Rohmah Muharromah, 1513023045
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/58233/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58233/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58233/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58233/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis proyek daur ulang minyak jelantah (PBPDUMJ) dalam meningkatkan keteram-pilan berkomunikasi siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan The Matching-Only Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 14 Bandarlampung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan didapatkan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIA 6 sebagai kelas eksperi-men. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik parametrik meng-gunakan uji-t dan perhitungan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata postes kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, serta nilai rata-rata n-gain kelas eksperimen berkategori sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah PBPDUMJ efektif dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa SMA. Kata kunci: pembelajaran berbasis proyek, keterampilan berkomunikasi, daur ulang minyak jelantah