EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAUR ULANG MINYAK JELANTAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA

Main Author: YENI SARIF, 1513023047
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/58232/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58232/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58232/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58232/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran berbasis proyek daur ulang minyak jelantah (PBPDUMJ) dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (KBTT) siswa SMA. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain the matching only pretest-posttest control group.Teknik analisis data menggunakan uji statistik parametrik yaitu uji t.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 14 Bandarlampung tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, sehingga didapatkan kelas eksperimen dan kontrol yaitu kelas XI MIA 4 dan XI MIA 6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai postes di kelas eksperimen lebih besar daripada rata-rata nilai postes di kelas kontrol, serta nilai n-gain di kelas eksperimen dengan nilai 0,61 yang berkategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model PBPDUMJ efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Kata kunci: model pembelajaran berbasis proyek, minyak jelantah, keterampilan berpikir tingkat tinggi.