EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENCEMARAN OLEH LIMBAH CAIR TAHU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Main Author: WINDI DIAH PALUPI, 1513023016
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/58231/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58231/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58231/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58231/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis masalah pencemaran oleh limbah cair tahu dalam meningkatkan keterampilan ber¬pikir kreatif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA YP Unila Bandarlampung tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian¬nya adalah siswa XI MIA 5 sebagai kelas kontrol yang diterapkan pem¬belajaran konvensional dan XI MIA 8 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan pem¬belajaran berbasis masalah, yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Metode peneliti¬an yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain The Matching-Only Pretest-Posttest Control Group. Data penelitian dianalisis menggunakan statistik parametrik dengan uji t dan perhitungan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata postes keterampilan berpikir kreatif kelas eksperimen (69,88) lebih besar daripada kelas kontrol (56,80) serta n-gain rata-rata di kelas eksperimen berkategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah pencemaran oleh limbah cair tahu dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, pencemaran limbah cair tahu, keterampilan berpikir kreatif