EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENCEMARAN OLEH LIMBAH CAIR TAHU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA

Main Author: Fita Muftihana, 1513023009
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/58223/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58223/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58223/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58223/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis masalah pencemaran limbah cair tahu dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain The Matching-Only Pretest-Postestt Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA YP Unila Bandarlampung tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 243 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel penelitian kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol dan XI MIA 8 sebagai kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen diterapkan pembelajaran berbasis masalah, dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa n-gain rata-rata di kelas eksperimen berkategori sedang, serta nilai rata-rata postes di kelas eksperimen (71,30) lebih besar daripada nilai rata-rata postes di kelas kontrol (54,67). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah pencemaran limbah cair tahu efektif dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, pencemaran limbah cair tahu, keterampilan berkomunikasi.