PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN, KREATIVITAS, SERTA KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA XAVERIUS PRINGSEWU SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Author: HAVI NATA TAMARA , 1513031061
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/58222/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58222/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58222/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58222/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar, pemanfaatan media pembelajaran, kreativitas, serta kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Xaverius. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif, populasi dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar kuisioner kepada 72 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh 1. Parsial kemandirian belajar terhadap hasil belajar, 2. Parsial pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar, 3. Parsial kreativitas terhadap hasil belajar, 4. Parsial kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa. 5. Simultan kemandirian belajar, pemanfaatan media pembelajaran, kreativitas, serta kecerdasan emosional terhadap hasil belajar. Katakunci: kemandirian belajar, pemanfaatan media pembelajaran, kreativitas, kecerdasan emosional, hasil belajar This research is motivated by the low student learning outcomes. The purpose of this study was to determine the effect of learning independence, the use of instructional media, creativity, and emotional intelligence on the learning outcomes of XI IPS class students at Xaverius High School. The method used in this study is descriptive verification, the population in this study amounted to 72 students. Data collection was done by distributing questionnaires to 72 students. The results of this study indicate that there are influences 1. Partial independence of learning towards learning outcomes, 2. Partial use of learning media on learning outcomes, 3. Partial creativity towards learning outcomes, 4. Partial emotional intelligence on student learning outcomes. 5. Simultaneous learning independence, the use of learning media, creativity, and emotional intelligence on learning outcomes. Keywords: Learning independence, utilization of learning media, creativity, emotional intelligence, learning outcomes