EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENCEMARAN OLEH LIMBAH CAIR TAHU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Main Author: | Pratiwi Purnaning Wulandari, 1513023007 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/58221/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/58221/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/58221/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/58221/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis masalah pencemaran oleh limbah cair tahu dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain the matching-only pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA YP Unila Bandarlampung tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 243 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 8 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Data penelitian dianalisis menggunakan statistik parametrik dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa n-gain rata-rata di kelas eksperimen berkategori sedang, serta nilai rata-rata postes dikelas eksperimen (73.33) lebih besar daripada nilai rata-rata postes siswa dikelas kontrol (55.2). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah pencemaran limbah cair tahu efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, keterampilan berpikir kritis,pencemaran limbah cair tahu