PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ( LKPD ) DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY
Main Author: | PUTRI RIZKY UTAMI, 1423021048 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/58200/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/58200/2/TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/58200/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/58200/ |
Daftar Isi:
- Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD dengan pembelajaran berbasis masalah untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa. Penelitian ini diawali dari studi pendahuluan (analisis kebutuhan), penyusunan LKPD, validasi LKPD, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK Guna Dharma Bandar Lampung. Hasil studi pendahuluan menunjukkan adanya kebutuhan dikembangkannya LKPD dengan pembelajaran berbasis masalah. Penyusunan LKPD diawali dengan menyusun rancangan dan semua komponennya. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD telah memenuhi standar kelayakan materi dan media. Hasil uji coba lapangan awal menunjukkan bahwa LKPD termasuk dalam kategori baik. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa (1) aspek kemampuan komunikasi matematis siswa cukup baik karena lebih dari 70% siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal dan (2) self-efficacy siswa belum menunjukkan perubahan yang signifikan. Kata kunci : komunikasi matematis, LKPD, PBM, self efficacy. This development research aims to develop mathematical LKPD with problembased learning in terms of mathematical communication skills and student selfefficacy. LKPD based problem learning has met the standards of eligibility of content, design, and language based on the results of the validation of material experts, media, and learning psychology. This research begins with a preliminary study (needs analysis), LKPD preparation, LKPD validation, initial field trials, and field tests. The subjects of this study were students of class XI Accounting 1 Bandar Lampung Guna Dharma Vocational School. Data was collected through observation, interviews, mathematical communication tests, and self-efficacy scales of students. Tests and scales are given during the last lesson (post-test only). The results showed that (1) LKPD was effectively used because more than 70% of students obtained scores more than or equal to the minimum completeness criteria in the test of mathematical communication skills, (2) students' selfefficacy did not experience significant changes. Keywords : student’s worksheet based on on problem, mathematical communication, self efficacy