PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (eWOM) TERHADAP MINAT KONSUMEN YANG DIMEDIASI OLEH EKUITAS MEREK (Studi pada Mahasiswa FISIP Universitas Lampung Pengguna Tokopedia)
Main Author: | SHERLY ETIKA SARI , 1726061003 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/58184/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/58184/2/TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/58184/3/TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/58184/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth, terhadap minat konsumen yang dimediasi oleh variabel ekuitas merek pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung pengguna Tokopedia. Penelitian ini dilakukan pada pengguna Tokopedia dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden, teknik sampel yang digunakan adalah simpel random sampling. Tipe penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif eksplanatif dan teknik analisis yang digunakan SmartPLS (Partial Least Square) versi 2.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap ekuitas merek di Tokopedia, variabel ekuitas merek terdapat empat dimensi yang berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen di Tokopedia, serta variabel electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen. Untuk Tokopedia perlu melakukan positioning dengan menentukan target market yang jelas dan penguatan public relation dengan cara promosi di media sosial dan untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk dapat melihat faktor lain dalam meneliti minat konsumen dalam konteks eWOM. Kata kunci : electronic word of mouth, ekuitas merek dan minat konsumen The purpose of this study was to find out the influence of electronic word of mouth on consumer interests which mediated by brand equity to Tokopedia Users in School of Social and Political Sciences’ student on University of Lampung. This research was conducted on Tokopedia users with a total sample of 100 respondents. The sample technique used was simpel random sampling. The type of research carried out was quantitative explanatory and analytical techniques used by SmartPLS (Partial Least Square) 2.0 version. The results of this study indicate that electronic word of mouth has a significant influence on brand equity in Tokopedia, brand equity variables have four dimensions that have a significant effect on consumer interest in Tokopedia, and electronic word of mouth has a significant influence on consumer interest. Tokopedia it is necessary to do positioning by determining a clear target market and public relations by means of promotion on social media and for further research to support to be able to see other factors in this study. Keywords: electronic word of mouth, brand equity, and customer intertest.