ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SAYURAN DI PASAR TRADISIONAL KOTA METRO

Main Author: Inggitina Sasmaya, 1414131088
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Pertanian , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/58181/1/ABSTRAK-ABSTRACT.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58181/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58181/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58181/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen, sikap konsumen, serta tahapan pengambilan keputusan dan factor-faktor yang mempengaruhi pembelian sayuran di Pasar Tradisional Kota Metro. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode survey di mana sampel penelitian sebanyak 60 orang dipilih melalui accidental sampling. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif, Multiatribut Fishbein, dan Analisis Seemingly Unrelated Regression. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen bersuku Jawa usia 25-35 tahun berstatus menikah dengan jumlah anggota rumah tangga 3-4 orang. Pekerjaan sebagian besar konsumen sebagai ibu rumah tangga yang berpendidikan tamat SMA dengan pendapatan di bawah Rp3.000.000/bulan. Sikap konsumen terhadap sayuran yang tertinggi ditujukan untuk bayam. Pengambilan keputusan pembelian sayuran oleh konsumen melalui tahap pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan evaluasi pasca pembelian. Selera konsumen pada setiap jenis sayuran berpengaruh terhadap jumlah yang dibelinya. Selain itu, pembelian terong dipengaruhi oleh harga terong, bayam, daun ketela pohon, dan telur serta selera pada bayam; pembelian kacang panjang dipengaruhi oleh harga tempe, jumlah anggota RT dan selera terhadap bayam; pembelian bayam dipengaruhi oleh harga bayam, kacang panjang dan tempe serta pendapatan RT; pembelian kangkung dipengaruhi oleh selera terhadap bayam; sedangkan pembelian daun ketela pohon dipengaruhi oleh harga daun ketela pohon dan tempe, pendapatan RT, jumlah anggota RT. Kata kunci : pembelian, perilaku konsumen, sayuran, sikap, selera