PENGGUNAAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMAN 15 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Main Author: | ANSELMUS ALAN PRIMAVERA, 1443052002 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/58042/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/58042/17/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/58042/18/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/58042/ |
Daftar Isi:
- The problem in this study is low self-regulation in student learning. The purpose of this study was to determine the effectiveness of the use of counseling services in the assertive training group in improving self-regulation in learning. This research method is quasi-experimental with pretest and posttest design. The research subjects were 10 students who had low self-regulation in learning. Data collection techniques use a self-regulation scale in learning. Data analysis using the Wilcoxon Matched Pairs Test. The results showed that the assertive training group counseling services could improve self-regulation in learning. This is in accordance with the results of the analysis obtained by zcount = -2.805 <ztable = 1,645 so Ho is rejected and Ha is accepted. This means that the assertive training group counseling can be used to improve self-regulation in learning for class XI students of 15 Bandar Lampung Public High School 2018/2019. Keywords: assertive training, guidance and counseling, groups counseling, self- regulation in learning. Masalah dalam penelitian ini adalah regulasi diri dalam belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas penggunaan layanan konseling kelompok assertive training dalam meningkatkan regulasi diri dalam belajar. Metode penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan pretest and posttest design. Subjek penelitian sebanyak 10 siswa yang memiliki regulasi diri dalam belajar rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan skala regulasi diri dalam belajar. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Matched Pairs Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok assertive training dapat meningkatkan regulasi diri dalam belajar. Hal ini sesuai hasil analisis yang diperoleh zhitung = -2.805 < ztabel = 1,645 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya konseling kelompok assertive training dapat digunakan untuk meningkatkan regulasi diri dalam belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: bimbingan konseling, konseling kelompok, assertive training, regulasi diri dalam belajar.