PERBEDAAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ANTARA MAHASISWA PREKLINIK DAN KLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG
Main Author: | DEVI MUTIARA JASMINE, 1518011153 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
Fakultas Kedokteran
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/57986/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/57986/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/57986/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/57986/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang: Berkomunikasi berarti menyampaikan pesan dari pemberi pesan kepada satu atau lebih penerima pesan dengan atau tanpa menggunakan alat. Seorang dokter haruslah mempunyai kemampuan keterampilan komunikasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan terhadap hubungan dokter-pasien dalam proses penyampaian keluhan hingga kepatuhan pengobatan yang diberikan dokter. Tujuan: Untuk mengetahui perbedaan keterampilan komunikasi antara mahasiswa preklinik dan klinik. Metode: Desain penelitian kuantitatif dengan cross sectional komparatif numerik, menggunakan metode pengambilan sampel proportional stratatified sampling. Penelitian ini menggunakan 66 orang yang terdiri dari 33 orang mahasiwa preklinik dan 33 mahasiswa klinik. Hasil penelitian: Responden penelitian ini adalah perempuan sebanyak 46 orang (69,7%) dan laki-laki sebanyak 20 orang (30,3%). Nilai rata-rata keterampilan komunikasi pada mahasiswa preklinik adalah 99,00 dan mahasiswa klinik adalah 99,52. Tingkatan dimensi interpersonal communication competence scale mahasiswa preklinik pada penelitian ini tertinggi pada dimensi emphaty (73%) dan terendah pada dimensi interaction management dan altercentrism (62%). Pada mahasiswa klinik didapatkan di dimensi enviromentmental control (73%), sedangkan untuk yang terendah pada dimensi expressiveness (60%). Simpulan: Terdapat perbedaan bermakna keterampilan komunikasi antara mahasiswa preklinik dan klinik di fakultas kedokteran universitas lampung. Kata kunci : keterampilan komunikasi, mahasiswa, tingkatan dimensi