PENGARUH MODEL PAKEM DAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 METRO TIMUR

Main Author: NORMA HIDAYATIKA, 1513053166
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/57961/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57961/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57961/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57961/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh positif dan signifikan pada model PAKEM dan media realia terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 1 Metro Timur yang berjumlah 43 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh, dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik non tes dan teknik tes. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus regresi ganda diperoleh data Fhitung > Ftabel (4,84>3,55) berarti Ha diterima. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada model PAKEM dan media realia terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri 1 Metro Timur. Kata kunci: matematika, media realia, pakem. The problem in this study is the low student learning outcomes in mathematics subjects. This study aims to analyze and determine the positive and significant influence of PAKEM model and realia media on students' mathematics learning outcomes. This type of research is an experiment with non equivalent control group design research design. The population of this study was the fifth grade students of SD Negeri 1 Metro Timur totaling 43 students. Determination of research samples using saturated samples, where all members of the population are used as samples. Data collection techniques are carried out using test and non test techniques. The results of hypothesis testing using multiple regression formulas obtained data Fcount > Ftable (4.84> 3.55) means Ha is accepted. There is a positive and significant influence on the PAKEM model and media realia on the results of mathematics learning in class V students of SD Negeri 1 Metro Timur. Keywords: mathematics, realia media, pakem.