EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 26 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019)

Main Author: MILA SAB’ATI , 1513021035
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/57960/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57960/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57960/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57960/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 26 Bandarlampung semester genap tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 233 siswa yang terdistribusi dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII B dan VII D yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design dengan teknik penilaian menggunakan teknik tes yang berbentuk soal uraian. Berdasarkan uji-t dan uji proporsi dengan taraf signifikansi 5%, disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Namun, siswa yang mengikuti pembelajaran discovery memiliki kemampuan komunikasi matematis yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kata kunci: efektivitas, komunikasi matematis, model pembelajaran discovery