PENGEMBANGAN LKPD DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA
Main Author: | Khairuntika, 1423021083 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/57947/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/57947/2/TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/57947/2/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/57947/ |
Daftar Isi:
- Penelitian pengembangan LKPD dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD dengan Pendekatan saintifik yang valid, praktis, dan efektif sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Gunung Alip 2018/2019 yang terdiri dari 32 orang siswa. Data dalam penelitian ini berupa data validitas, kepraktisan, dan efektivitas LKPD dianalisis secara deskriptif dengan melihat aspek yang dinilai. Hasil validitas LKPD berada pada kategori valid. Hasil uji kepraktisan masuk kategori praktis. Hasil tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa menunjukkan bahwa LKPD dengan pendekatan saintifik efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Dengan demikian, LKPD dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis. Kata kunci: LKPD, pendekatan saintifik, berpikir kritis