PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA PEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMA NEGERI 1 PENENGAHAN LAMPUNG SELATAN
Main Author: | ASNELI, 1513043004 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/57916/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/57916/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/57916/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/57916/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media audio-visual dan hasil pembelajaran tari Bedana di kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Penengahan. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruktivistik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dilakukan analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru menggunakan media audio-visual melalui 7 tahapan yaitu 1. Menyampaikan informasi melalui video, 2. Video yang digunakan bersifat interaktif, 3. Mengamati video secara bersama, 4. Menyebutkan nama-nama ragam gerak, 5. Mempraktikan ragam gerak, 6. Memberikan tugas melalui video dirumah, 7. Melakukan tes. Hasil pembelajaran diperoleh berdasarkan nilai pengamatan tes praktik. Adapun hasil belajar seluruh siswa mendapatkan kriteria kurang baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 59,51. Kata kunci: Media audio-visual, Pembelajaran, dan Tari Bedana ABSTRACT This study was conducted to describe the use of audio-visual media and learning outcomes of Bedana dance at class X Sains 1 SMA Negeri 1 Penengahan. The type of research used qualitative descriptive. The theory used in this study is constructivistic theory. The data collected techniques through observation, interviews and documentation then data analysis was carried out. The results of the study show that the teacher uses audio-visual media through 7 stages, namely: 1. Conveying information through video, 2. The video used was interactive, 3. Observed videos together, 4. Mentioned names of various types of motion, 5. Practiced various types of motion, 6. Provide assignments through video at home, 7. Performed tests. Learning outcomes are obtained based on the value of practice test observations. The learning outcomes of all students obtained poor criteria with the mean score 59.51. Keywords: Audio-visual media, learning, and Bedana dance