PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

Main Author: Anggi Oktaviarini Komara, 1423021069
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/57872/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57872/5/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57872/4/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57872/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Al-kautsar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian pengembangan ini mengikuti alur penelitian pengembangan Borg & Gall. Data penelitian ini diperoleh menggunakan angket dan soal tes kemampuan berpikir kritis. Data dianalisis secara deskriptif dengan melihat aspek kevalidan, kepraktisan dan efektivitas LKPD. Hasil analisis data validitas dan kepraktisan LKPD yang dikembangkan termasuk dalam kategori baik. Hasil dari tes kemampuan berpikir kritis, LKPD dengan model PBM efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa karena lebih dari 70% siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Dengan demikian, LKPD dengan model PBM yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kata kunci : Berpikir kritis, LKPD, PBM. ABSTRACT This research aimed to develop that is valid, practical, and effective student’s worksheets with a Problem Based Learning (PBL) to improve students critical thinking mathematical ability. The subject of this research were the students grade VIII SMP Al-Kautsar Bandar Lampung the lesson year 2017/2018. This research used the path of of Borg & Gall research development. The research data was obtained using questionaires and test questions of critical thinking ability. Data were analyzed descriptively by looking at the validity aspects, practicality and effectiveness of the students’ worksheets. The results of data analysis on the validity and practicality of the developed student’s worksheets are included in the good category. The results from of the critical thinking ability test, the student’s worksheets with the PBL model are effective to improve students' critical thinking skills because more than 70% of students have met the minimum completeness criteria. Thus, the student’s worksheets with the PBL model developed is valid, practical, and effective to improve students' critical thinking mathematical ability. Keywords: Critical thinking, Worksheets, PBL.