PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Studi pada Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 9 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019)
Main Author: | WINDI SAMSIDAR, 1513021008 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
UNIVERSITAS LAMPUNG
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/57823/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/57823/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/57823/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/57823/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, dengan populasi-nya adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 9 Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 180 siswa dan terdistribusi dalam enam kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-C yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitiannya adalah pretest-posttest control group design. Data berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: inkuiri terbimbing, komunikasi matematis, pengaruh