HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 METRO SELATAN
Main Author: | DIMAS GUSTI WINANTO, 1513053104 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/57753/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/57753/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/57753/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/57753/ |
Daftar Isi:
- Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 2 Metro Selatan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan disiplin belajar dengan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu ex-postfacto korelasi. Teknik pengumpulan data dilakukan yaitu: observasi, angket, dan dokumentasi. Populasi yang digunakan berjumlah 48 peserta didik. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar dengan kriteria cukup kuat, ada hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar dengan kriteria rendah, dan ada hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan disiplin belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar peserta didik dengan kriteria cukup kuat. Kata kunci: disiplin belajar, hasil belajar, kecerdasan emosional. The problem in this research is that the learning outcomes of the fifth grade students south metro Elementary School 2TH still low. The purpose is was to know the correlation between emotional intelligence and learning discipline with students learning outcome. this type of research is ex-postfacto correlation. Data collection techniques are observation, questionnaire, and documentation. The population is 48 students. Based on the analysis of research data can be concluded that there is a positive and significant relationship between emotional intelligence with students learning outcomes with quith strong criteria, there is a positive and significant relationship between learning discipline students learning outcomes with low criteria, and there is a positive and significant relationship between emotional intelligence and learning discipline together with students learning outcomes with quith strong criteria. Keywords: emotional intelligence, learning discipline, learning outcomes.