PENINGKATAN SIKAP POSITIF TERHADAP PERSONAL GROWTH DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS XI SMA YADIKA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

Main Author: BUDI MULYONO, 1413052016
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/57712/1/ABSTRAK-ABSTRACT.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57712/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57712/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57712/
Daftar Isi:
  • Masalah penelitian ini adalah sikap negatif terhadap personal growth siswa. Permasalahannya adalah “apakah layanan bimbingan kelompok teknik role playing dapat meningkatkan sikap positif terhadap personal growth siswa kelas XI SMA Yadika Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019”. Tujuan penelitian untuk meningkatkan sikap positif terhadap kesejahteraan psikologis khususnya dimensi personal growth. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen design with dependent pre-test and posttest. Subjek penelitian menggunakan kelompok eksperimen sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan skala sikap pertumbuhan pribadi. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap terhadap personal growth siswa di sekolah dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok teknik role playing, hal ini ditunjukan melalui hasil Uji Mean Whitney. Hasil analisis statistik menunjukan nilai (Sig) 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa terdapat peningkatan sikap siswa terhadap personal growth setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik role playing pada kelompok eksperimen. Kesimpulannya adalah sikap terhadap personal growth dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik role playing pada kelompok eksperimen di SMA Yadika Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata kunci : bimbingan dan konseling, personal growth, role playing.