EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2018/2019)
Main Author: | ERNIA RISDIANTI, 1513021056 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/57643/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/57643/19/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/57643/20/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/57643/ |
Daftar Isi:
- Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Natar tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam sebelas kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII B dan VII C yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes yang berupa soal uraian untuk melihat kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil dari uji- dan uji proporsi dengan taraf α = 0,05, didapat bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model problem based learning lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model Non-PBL dan proporsi siswa yang mengikuti model problem based learning dengan KKM 70 lebih dari 60%. Dengan demikian, problem based learning efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa.