EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2018/2019)

Main Author: ERNIA RISDIANTI, 1513021056
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/57643/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57643/19/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57643/20/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57643/
Daftar Isi:
  • Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Natar tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam sebelas kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII B dan VII C yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes yang berupa soal uraian untuk melihat kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil dari uji- dan uji proporsi dengan taraf α = 0,05, didapat bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model problem based learning lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model Non-PBL dan proporsi siswa yang mengikuti model problem based learning dengan KKM 70 lebih dari 60%. Dengan demikian, problem based learning efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa.