EFEKTIVITAS ALQURUN TEACHING MODEL BANTUAN PAPAN TULIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019)

Main Author: Awan Sugandi, 1513021003
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/57642/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57642/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57642/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57642/
Daftar Isi:
  • Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Alqurun Teaching Model bantuan papan tulis ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Bandarlampung tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam sembilan kelas dengan jumlah 272 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol dan VII C sebagai kelas eksperimen yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes berbentuk uraian. Analisis data menggunakan uji t dan uji proporsi dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti Alqurun Teaching Model bantuan papan tulis lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti Alqurun Teaching Model biasa serta proporsi siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis terkategori baik lebih dari 60% dari jumlah siswa yang mengikuti Alqurun Teaching Model bantuan papan tulis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Alqurun Teaching Model bantuan papan tulis efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.