EFISIENSI PEMASARAN KOPI ROBUSTA (Coffea robusta) SEBAGAI PRODUK AGROFORESTRI DI PEKON AIR KUBANG, KECAMATAN AIR NANINGAN, KABUPATEN TANGGAMUS
Main Author: | ANNISA MARCHANTIA PRATIWI, 1514151069 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
UNIVERSITAS LAMPUNG
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/57636/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/57636/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/57636/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/57636/ |
Daftar Isi:
- Salah satu alternatif untuk memecahkan masalah terhadap kebutuhan sumberdaya hutan yaitu dengan menerapkan sistem agroforestri, karena dapat meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas lahan. Kopi robusta merupakan salah satu komoditas yang ditanam dengan menerapkan sistem agroforestri. Konsumsi kopi di Indonesia cenderung meningkat setiap tahunnya, namun harga yang yang diterima petani kopi masih rendah, hal ini yang menjadi tujuan dilakukannya penelitian untuk menganalisis saluran dan efisiensi pemasaran kopi robusta. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif digunakan untuk menganalisis saluran pemasaran, struktur pasar, dan perilaku pasar, sedangkan metode kuantitatif digunakan untuk menganalisis margin pemasaran, margin keuntungan, share harga , ratio profit margin, dan efisiensi pemasaran. Responden pada penelitian ini dipilih menggunakan Rumus Slovin dan diperoleh sebanyak 55 responden. Responden dipilih secara acak sederhana dalam suatu populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran kopi robusta. Saluran pertama yaitu petani - pedagang pengumpul - pedagang besar - pengecer. Saluran kedua yaitu petani – koperasi - pengecer. Saluran ketiga yaitu petani - koperasi. Harga kopi ditentukan oleh pedagang besar karena struktur pasarnya merupakan oligopsoni. Efisiensi pemasaran kopi di Pekon Air Kubang belum efisien karena margin pemasaran yang belum merata dan cukup tinggi, share harga yang diterima petani masih relatif rendah, serta margin keuntungan dan biaya pada petani masih rendah. Kata kunci: Agroforestri, kopi robusta, pemasaran kopi. ABSTRACT One alternative to solve the problem of forest resource needs is by implementing an agroforestry system, because it can improve the welfare and productivity of the land. Robusta coffee is one of the commodities grown by implementing an agroforestry system. Coffee consumption in Indonesia tends to increase every year, but the price received by coffee farmers is still low, this is the purpose of the study to analyze the channels and the efficiency of robusta coffee marketing. The study was conducted using qualitative and quantitative methods. Qualitative methods are used to analyze marketing channels, market structure, and market behavior, while quantitative methods are used to analyze marketing margins, profit margins, share prices, ratio profit margins, and marketing efficiency. Respondents in this study were selected using Slovin Formula and obtained as many as 55 respondents. Respondents were chosen by single sampling random in a population. The results shows that there were three channels of robusta coffee marketing. First channel are farmer - collector - big trader - retailer. Second channel are farmer - cooperative - retailer. Third channel are farmer - cooperative. Coffee prices are determined by large traders because the market structure is oligopsonic. The efficiency of marketing coffee in Pekon Air Kubang is not yet efficient because the marketing margins have not been evenly distributed and are quite high, the share of prices received by farmers is still relatively low, and the profit and cost margins for farmers are still low. Keywords: Agroforestry, robusta coffee, coffee marketing.