PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA BERBASIS MASALAH PADA PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Main Author: ARI TRI WIJAYANTI, 1423021001
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/57587/1/ABSTRAK-ABSTRACT.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57587/14/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57587/15/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57587/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan mengikuti alur Borg & Gall yang mencakup 7 (tujuh) langkah yaitu penelitian pendahuluan, perencanaan, mengembangkan jenis/produk awal, uji coba tahap awal, revisi produk utama, uji coba lapangan dan melakukan revisi terhadap produk operasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis masalah pada pemahaman konsep matematis peserta didik Adapun masalah penelitiannya adalah bagaimana mengembangkan LKPD berbasis masalah pada pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian dilaksanakan di SMP Manba’ul Ulum Gayau Sakti dengan subjek penelitian siswa kelas VIII semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti menganalisis, mendesain suatu LKPD dengan respon yang baik dan valid sesuai ketentuan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) melalui hasil validasi dari para ahli sehingga LKPD layak digunakan dalam pembelajaran. Selain itu hasil penelitian menunjukan bahwa dilihat dari segi sampul, isi, maupun hasilnya efektif digunakan. Hal ini terlihat dari penelitian pengaruh LKPD lebih efektif dari pada tidak menggunakan LKPD berbasis masalah pada pemahaman konsep matematis peserta didik. Kata kunci : LKPD, Berbasis Masalah, Pemahaman Konsep Matematis ABSTRACT This study is a research and development by following the path of Borg & Gall which includes 7 steps, namely preliminary research, planning, developing initial types /products, initial testing, major product revisions, field trials and revising operational products. The purpose of this study was to develop problem-based Student Worksheets in understanding students' mathematical concepts. The research problem was how to develop problem-based Student Worksheets on understanding mathematical concepts of students. The study was conducted at Manba'ul Ulum Gayau Sakti Middle School with the research subject of grade VIII students in the academic year 2018/2019. The results showed that the researchers analyzed, designed a Student Worksheets with good and valid responses in accordance with the provisions of Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) through the validation results from experts so that the Student Worksheets was feasible to be used in learning. In addition, the results of the study show that in terms of covers, contents, and results, it is effectively used. This can be seen from the study of the effect of Student Worksheets more effectively than not using problem-based Student Worksheets on understanding mathematical concepts of students. Keywords : LKPD uses Problem Base, an Understanding of Mathematical Concepts