PENGEMBANGAN ONGOING ASSESSMENT MULTYTYPE SOAL FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA
Main Author: | Agus Setiawan, 1623022003 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/57586/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/57586/19/TESIS%20FULL%20TEKS.pdf http://digilib.unila.ac.id/57586/20/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/57586/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian adalah mengembangkan ongoing assessment dengan tipe soal yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pengetahuan konseptual siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan metode ADDIE yang terdiri atas 5 tahap, yaitu: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Kelayakan onggoing assessment dinilai berdasarkan 3 aspek: (1) kevalidan, (2) kepraktisan, dan (3) keefektifan. Kevalidan dinilai oleh ahli menggunakan lembar validasi dengan aspek konstruksi, subtansi dan bahasa yang memperoleh persentase rata-rata sebesar 85,82 dengan kategori valid. Kepraktisan ditinjau dari respon siswa menggunakan kuesioner dan lembar observasi keterlaksanaan oleh guru. Kepraktisan produk dari aspek keterlaksanaan pembelajaran mendapat persentase skor 93,10% dengan kriteria sangat tinggi dan dari aspek respon siswa mendapat persentase skor 76,22% dengan kategori tinggi. Keefektifan diperoleh berdasarakan N-Gain. Hasil uji keefektifan produk menunjukkan bahwa pembelajaran dengan ongoing assessment pada ketiga kelas efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pengetahuan konseptual siswa. Kata kunci: ongoing assessment, keterampilan berpikir kritis, pemahaman konseptual