PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERORIENTASI EVERYDAY LIFE PHENOMENA PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN

Main Author: SILMI KAFAH, 1413013063
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/57577/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57577/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57577/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57577/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian mengenai pengembangan LKS berorientasi everyday life phenomena pada materi sifat koligatif larutan, dimana materi sifat koligatif larutan memiliki banyak fenomena sehari-hari di dalamnya. LKS ini memiliki perbedaan dari LKS sifat koligatif larutan sebelumnya, dimana pada LKS ini siswa diarahkan untuk mampu mengaplikasikan teori yang dipelajarinya dengan fenomena kehidupan sehari-hari serta mampu mengaitkan fenomena kehidupan sehari-hari dengan teori yang telah dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berorientasi everyday life phenomena pada materi sifat koligatif larutan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang telah dilakukan sampai 5 tahap. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan guru dan siswa di SMA Negeri 7 Bandarlampung. Hasil validasi ahli pada aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan diperoleh persentase berturut-turut sebesar 86,85%; 92,10%; dan 85,38%, sehingga dinyatakan valid. Persentase tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi, keterbacaan, dan kontruksi berturut-turut sebesar 88,85%; 93,15%; dan 88,46%, dengan kriteria sangat tinggi. Persentase tanggapan siswa pada aspek kemenarikan dan keterbacaan berturut-turut sebesar 93,69%; dan 94,36% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut maka LKS ini layak digunakan menjadi salah satu media pembelajaran di sekolah khususnya pada materi sifat koligatif larutan. Kata Kunci : LKS, everyday life phenomena, sifat koligatif larutan