PENGARUH LKS BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Main Author: EKA NOVITA SARI, 1513023015
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/57503/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57503/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57503/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHSAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57503/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh LKS berbasis problem solving untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. LKS ini terdiri dari 5 fase yaitu orientasi masalah, mencari informasi, merumuskan hipotesis, mengajukan hipotesis dan menyimpulkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain Non Eqivalence Pretes-Postes Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA 13 Bandar Lamapung tahun ajaran 2018-2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, dengan kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3 sebagai sampel. Pengaruh LKS dilihat dari perbedaan rata-rata nilai n-gain yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang diperoleh diuji dengan analisis rata-rata nilai n-gain, uji normalitas, uji homogenitas, Independent Sample T Test (t’), uji Paired Sample T Test dan effect size. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis pada kedua kelas sampel dan pengaruh LKS berbasis problem solving untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa LKS berbasis problem solving memiliki pengaruh untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.