PENGARUH LKS BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Main Author: LISA RAHMA PUTRI, 1513023041
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/57497/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57497/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57497/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57497/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh LKS berbasis Problem Solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain Non-Equivalent Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 13 Bandarlampung. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, diperoleh kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran dengan LKS berbasis problem solving sedangkan kelas kontrol menggunakan LKS tidak berbasis problem solving. Data keterampilan berpikir kreatif siswa dianalisis menggunakan SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berpikir kreatif siswa di kelas eksperimen diperoleh rata-rata skor n-Gain yang berkategori “tinggi” dan kelas kontrol berkategori “sedang”. LKS berbasis problem solving berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan besar pengaruh pada kelas eksperimen dan LKS konvensional berpengaruh pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis problem solving memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.