PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPSI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK SISWA KELAS VII SMP
Main Author: | LINDA APRIYANTI, 1723041028 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/57470/19/.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/57470/3/TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/57470/2/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/57470/ |
Daftar Isi:
- Keterbatasan media yang digunakan guru menimbulkan kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran yang menarik karena selama ini guru selalu menggunakan buku paket pada setiap proses pembelajaran. Berdasar pada hal itu, tujuan dari penelitian ini ialah menghasilkan produk media pembelajaran, mendeskripsikan kemenarikan produk media pembelajaran, dan menguji efektivitas produk media di kelas VII pada pembelajaran teks deskripsi. Metode penelitian menggunakan model DDD-E, yaitu Decide (menentukan tujuan), Design (mendesain produk), Develop (pengembangan), dan Evaluate (evaluasi). Penelitian dilakukan di SMP N 4 Bandar Lampung, SMP N 12 Bandar Lampung, dan SMP N 23 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan penyebaran angket di tiga sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berhasil dikembangkan media pembelajaran teks deskripsi berbasis multimedia interaktif untuk siswa kelas VII SMP; (2) kemenarikan produk media pembelajaran secara keseluruhan dinyatakan sangat menarik oleh siswa pada tiga sekolah dengan masing-masing persentase penilaian 84,41%, 86,19%, dan 88,33%; (3) media pembelajaran cukup efektif untuk digunakan di dalam proses pembelajaran teks deskripsi pada masingmasing sekolah dengan nilai N-gain sebesar (0,49), (0,50), dan (0,48) termasuk dalam kategori sedang. Kata kunci: media pembelajaran, multimedia interaktif, teks deskripsiThe limitations of the media used by the teacher give rise to students needs for interesting learning media because so far the teacher always uses textbooks in each learning process. Based on that, the purpose of this study is to produce learning media products, describe the attractiveness of learning media products, and test the effectiveness of media products in class VII in learning description texts. The research method used the DDD-E model, namely Decide (designate goals), Design (product design), Develop (development), and Evaluate (evaluation). The study was conducted in SMP N 4 Bandar Lampung, SMP N 12 Bandar Lampung, and SMP N 23 Bandar Lampung. Data collection techniques with interviews and questionnaires in three schools. The results showed that (1) successfully developed interactive multimedia-based description text learning media for seventh grade students of junior high school; (2) the attractiveness of learning media products as a whole was stated to be veryattractive by students in three schools with each assessment percentage 84,41%, 86,19%, and 88,33%; (3) effective learning media to be used in the learning process of the description text in each school with an N-gain value of (0.49), (0.50), and (0.48) included in the medium category. Keywords: learning media, interactive multimedia, description text