PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 2 FAJAR MATARAM

Main Author: NONI NURMALA, 1513053079
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/57462/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57462/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57462/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57462/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Fajar Mataram. Tujuan penelitian adalah untuk menganaisis dan mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Fajar Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik non tes dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji statistik independet sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 79,50 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 70,09. Perhitungan uji hipotesis menggunakan rumus independent sample t-test di peroleh data thitung > ttabel atau 2,696 > 2,021, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Fajar Mataram. Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran, problem posing