PENINGKATAN KETERAMPILAN MUSIKALISASI PUISI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) PADA SISWA KELAS IX SMP N 1 SUMBERJAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Main Author: | SUPU HERNAWIYAH , 1523041012 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/57406/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/57406/17/TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/57406/18/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/57406/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan musikalisasi siswa, sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan 1) perencanaan pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran, 3) hasil keterampilan musikalisasi, dan 4) peningkatan keterampilan musikalisasi siswa berbasis ICT pada siswa SMP Negeri 1 Sumberjaya Tahun Pelajaran 2017/2018. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan penggunaan ICT yang bertujuan melakukan perbaikan keterampilan musikalisasi peserta didik pada 35 siswa kelas IXA dengan pertimbangan kemampuan siswanya homogen. Kesimpulan penelitian adalah terdapat peningkatan keterampilan musikalisasi puisi melalui pembelajaran berbasis Information And Communication Technology (ICT) dengan perincian sebagai berikut. 1) Perencanaan pembelajaran pada perumusan tujuan, pengorganisasian bahan, pemilihan sumber, kelengkapan instrumen dan materi, alat evaluasi, aspek yang lemah pemilihan bahan ajar, jenis kegiatan, dan langkah-langkah mengajar dengan skor 72,50% pada siklus pertama dan meningkat 90,00% pada siklus kedua: 2) Pelaksanaan pembelajaran meliputi persiapan, membuka pelajaran, mengorganisasikan materi, pendekatan, penggunaan sumber, penilaian, dan menutup pelajaran dengan rata-rata 65,50% pada siklus pertama, dan 90,30% pada siklus kedua. Selama proses pembelajaran berlangsung, siswa terdapat peningkatan aktivitas siswa sebesar 62,31% pada siklus pertama dan 80,27% pada siklus kedua, sedangkan motivasi 61,86% pada siklus pertama dan 80,05% pada siklus kedua; 3) Pembelajaran ICT dapat meningkatkan rata-rata keterampilan musikalisasi 72,47 pada siklus pertama; menjadi 82,00 pada siklus kedua. Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran menggunakan ICT yang baik, di dukung aktivitas dan motivasi siswa dapat menumbuhkan suasana belajar yang menyenangkan sehingga keterampilan musikalisasi siswa meningkat; 4) Terjadi peningkatan ketuntasan dari 35 siswa pada pra-siklus 25,71% naik menjadi 51,43% pada siklus pertama dan 88,57% pada siklus kedua. Sampai siklus kedua 80% siswa sudah mencapai KKM dan semua indikator sudah tercapai. Hal ini dipengaruhi adanya peningkatan kemampuan guru, ketersedian media dan alat pendukung, tumbuhnya persepsi positif siswa belajar, lebih aktif, kompak dan bersemangat, merasa senang dengan pembelajaran yang ada, sehingga siswa lebih mudah memahami materi. Kata Kunci : Musikalisasi Puisi, Aktivitas, Motivasi, ICT ABSTRACT A problem in this research is the low music poetry through, students ability while research objectives is to describe: 1 ) planning learning, 2) implementation of the learning, 3 ) results music poetry through skills and an increase in student skills, 4) music poetry through ICT based on a student Junior High Schools Sumberjaya 1 Years Lessons 2017 / 2018. The design used in this research is research the act of class (PTK ) with the use of ict skills which aims to repair music poetry students in 35 students IXA with consideration of their students homogeneous. Conclusion is research is increase skill poetry through learning based on information and technology communication (ICT) with details as follows: 1) learning to promote disorder to planning on clarity the formulation of the purpose of, the organizing of the material, the selection of a source of, the completeness of an instrument and matter, an evaluation tool, the aspects that were yet in weakness powerless promised to supply the selection of teaching materials , determination of the types of learning activities giving rise to, out and set in order for the allocation of teaching with a score of 72,50% on the cycle of first and shipping companies had increased by 90,00% on second; 2) The implementation of learning to promote disorder to covering preparations were being made for, his opening remarks, organizes to deliver the material was, approaches were used for the, the use of the, the assessment of, and closes subjects with a average 65,50 % on first, and 90,30 % on second. During the process of learning taking place in the community, a student to lose their actively participate in the interact with other students from getting possessed. The increase in activity of a student to lose their as much as 62,31 % on the cycle of first and 80,27 % on second, meanwhile the motivation 61,86 % on the cycle of first and 80,05 % on second a notebook detailing the development; 3) Learning ICT can raise the average skill poetry cycle first 72,47; to be 82,00 in cycle second. Lesson plans and implementation use ICT good, to be supported activity and motivation can grow the atmosphere study a pleasant; fun so skill students increased; Increase from 35 students on 25,71 % rose to 51,43 % in cycle first and 88,57 % in cycle second. Until the second 80 kkm has reached percent of students and all indicators. has already been promotedThis affected the, teacher capacity building the increased availability and the media, advocates when students learn, positive perception more active, compact and eager, happy with learning is, so students. material is easier to understand. Keywords: music poetry, achievement learning, the interest, ICT