STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEMPERHATIKAN KREATIVITAS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Author: ICHSANTI ISNAINI ANISA, 1513031008
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/57384/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57384/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57384/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57384/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbandingan hasil belajar IPS Terpadu dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dan Problem Based Learning dengan memperhatikan kreativitas siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelasVII SMP Negeri 10 Bandar Lampung yang terdiri dari 11 kelas sebanyak 350 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling diperoleh jumlah sampel sebanyak 63 siswa. Pengumpulan data melalui lembar angket, soal tes dan dianalisis dengan rumus t-test dan ANAVA menggunakan perhitungan manual dan SPSS. Hasil analisis data menunjukan Fhitung > Ftabel atau 5,923 > 4,00 berarti ada perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dan Problem Based Learning dan Fhitung> Ftabel atau 28,031 > 4,00 berarti terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kreativitas. Kata kunci: Hasil Belajar, Kreativitas, Mind Mappinig, Problem Based Learning The purpose this research was to find out the difference of Integrated IPS study results with taught using Mind Mapping and Problem Based Learning by attention students creativity. The method used is a quasi-experimental method. The study population is all students of class VII SMP Negeri 10 Bandar Lampung consisting of 11 classes as many as 350 students. he sampling technique is done by cluster random sampling get the samples as many as 63 students. Data collecting technique used in this research was questionnaire, test questions, and analysed by using t-test formula and ANOVA manually and SPSS. The results of analysis showed Fcount > Ftable or 5,923 > 4,00 which means there is difference study results thought Mind Mapping and Problem Based Learning dan Fcount > Ftable or 28,031 > 4,00 which means there is a learning model have interaction with creativity. Keywords: Study Results, Creativity, Mind Mapping, Problem Based Learning