EFEKTIVITAS PRE-LECTURE QUIZ UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Main Author: Nur Qomaril Fitri, 151303017
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/57344/1/2.%20abstrak.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57344/9/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57344/10/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57344/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas Pre-Lecture Quiz dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada teori asam basa Arrhenius. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah enam kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dan diperoleh sampel kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol dan XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian ini adalah quasi experiment dengan pretest-postest control group design. Efektivitas Pre-Lecture Quiz diukur berdasarkan nilai rata-rata kuis satu hingga kuis empat, rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir kritis siswa, kemudian ukuran besar pengaruh pembelajaran Pre-Lecture Quiz tersebut diukur berdasarkan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai PLQ siswa kelas eksperimen semakin meningkat dari pertemuan satu hingga pertemuan empat. Rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Pembelajaran dengan Pre-Lecture Quiz memiliki pengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi asam basa Arrhenius. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pre-Lecture Quiz efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi asam basa Arrhenius. Kata Kunci: keterampilan berpikir kritis siswa, Pre-Lecture Quiz, asam basa Arrhenius