EFEKTIVITAS MODEL POGIL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Main Author: Amalia Musnia, 1513023032
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/57290/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57290/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57290/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57290/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model POGIL dalam meningkat¬kan keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Popu¬lasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPA SMA Negeri 5 Bandarlampung tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Analisis data meng¬gunakan uji kesamaan dua rata-rata yang menggunakan uji statistik parametrik yaitu uji t serta uji perbedaan dua rata-rata yang menggunakan uji statistik non parametrik yaitu uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata n-gain keterampilan proses sains siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pem¬belajaran dengan model POGIL efektif dalam mening¬katkan keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.