PENGARUH PRE LECTURE QUIZ DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA DAN PENGUASAAN KONSEP

Main Author: Siti Hardiyanti, 1513023002
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/57264/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57264/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57264/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57264/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pre lecture quiz dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dan penguasaan konsep. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling, dan diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen serta kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Materi kimia yang diajarkan pada penelitian ini adalah asam basa Arrhenius. Pengaruh pre lecture quiz diukur berdasarkan uji regresi sederhana. Hasil uji regresi sederhana pada taraf signifikansi sebesar 0,05 menunjukkan adanya pengaruh linier positif dari pre lecture quiz dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dan penguasaan konsep, dengan kontribusi sebesar 16,9% dipengaruhi oleh pre lecture quiz. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pre lecture quiz berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dan penguasaan konsep.