PENGEMBANGAN LKPD DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

Main Author: DONI SABRONI , 1623021010
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/57255/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57255/2/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57255/3/TESIS%20FULL%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57255/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, bertujuan untuk menghasilkan lkpd dengan pembelajaran kooperatif melalui startegi TTW untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan efektivitas produk yang dilakukan meliputi penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan. Mengembangan pendahuluan dari pengujian awal lapangan produk, revisi produk utama, uji lapangan utama, revisi produk operasional, pengumpulan data dan tes Perangkat pembelajaran dan lkpd divalidasi oleh pakar materi, pakar media dan praktisi pendidikan. Selanjutnya lkpd direvisi sesuai dengan pendapat ahli. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Abung Semuli tahun akademik 2018/2019. Sampel penelitian terdiri dari 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa sebagai kelas kontrol. Data penelitian terkait kondisi produk melalui pengamatan, wawancara, dan tes. Hasil menunjukan bahwa (1) pengembangan LKPD dengan Pembelajaran kooperatif melalui strategi TTW yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa memiliki kriteria valid dan dikategorikan sangat baik. (2) pengembangan LKPD melalui pembelajaran kooperatif dengan strategi TTW efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Kata kunci: pembelajaran kooperatif, strategi TTW, berpikir kritis matematis. abstract This research is a development research, aiming to produce learning through cooperative learning through TTW strategies to improve mathematical critical thinking skills and the effectiveness of the products that do the research and gathering of community masses. planning Developing an introduction to the use of product fields, revising the main product through the main field, operational data collection and testing. Learning tools and validated by material experts, media experts and practical education. LKPD is reviewed according to expert opinion. Population research is here. Junior high school Negeri 1 Abung Semuli tahtun 2018/2019 Sample research consisted of 32 students as the experimental class and 32 students as the dick class. Research data related to product condisitions observation, interview and test results. The results of the (1) development of LKPD with cooperative learning through TTW strategies to improve students’ critical thinking mathematically. (2) development of LKPD cooperative learning with strateg TTW is effective in increasing students’ critical thinking mathematically. Keywords : cooperative learning, strateg TTW , critical thinking mathematically.