EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Bintang Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019)
Main Author: | AGNIS PINASTI , 1513021048 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/57246/1/ABSTRAK-ABSTRACT.pdf http://digilib.unila.ac.id/57246/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/57246/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/57246/ |
Daftar Isi:
- Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Tanjung Bintang semester genap tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah the randomized pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes uraian pada materi perbandingan. Analisis data penelitian ini menggunakan uji mann-withney u dan uji proporsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing tidak lebih dari siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, namun proporsi siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis terkategori baik pada kelas yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing mencapai lebih dari 60% dari jumlah siswa. Kata kunci: efektivitas, inkuiri terbimbing, pemecahan masalah matematis