EFEKTIVITAS MODEL POGIL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT
Main Author: | Elda Rani Safitri, 1513023001 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/57224/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/57224/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/57224/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/57224/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model POGIL dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 5 Bandarlampung dansampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol dan X IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-PosttestControl GroupDesign.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata n-gain keterampilan berpikir kritis siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model POGIL efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.