EFEKTIVITAS MODEL POGIL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Main Author: Elda Rani Safitri, 1513023001
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/57224/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57224/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57224/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57224/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model POGIL dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 5 Bandarlampung dansampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol dan X IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-PosttestControl GroupDesign.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata n-gain keterampilan berpikir kritis siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model POGIL efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.