PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS STRATEGI METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Main Author: | MADYA HUTABARAT, 1623021027 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/57221/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/57221/2/2.%20TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/57221/3/3.%20TESIS%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/57221/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan desain pembelajaran matematika berbasis strategi metakognitif yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Pengembangan dilakukan dengan tahapan pada model Nieveen yang diawali preliminary research, prototyping stage, dan assessment stage. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019. Desain uji lapangan menggunakan pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi untuk menentukan validitas desain pembelajaran, angket tanggapan siswa dan guru untuk menentukan tingkat kepraktisan dan tes keterampilan berpikir kritis untuk menentukan efektivitas desain pembelajaran. Penilaian ahli, tanggapan guru dan siswa menyatakan desain pembelajaran valid dan praktis untuk digunakan di lapangan. Setelah pembelajaran skor kemampuan berpikir kritis dianalisis dengan statistik non parametrik One Sample Run Test dan Mann Whitney U. Data ketuntasan klasikal, kemampuan berpikir kritis, dan peningkatan skor N-Gain kemampuan berpikir kritis siswa yang menerapkan pembelajaran berbasis strategi metakognitif lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Oleh karena itu desain pembelajaran berbasis strategi metakognitif layak digunakan karena telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci: strategi metakognitif, kemampuan berpikir kritis. The purpose of this study is to produce mathematics learning designs based on metacognitive strategies that are valid, practical and effective to improve critical thinking skills. The development is carried out with stages in Nieveen's model that begins with preliminary research, prototyping stage, and assessment stage. The research subjects were eighth grade students of SMP Negeri 18 Bandar Lampung academic year 2018/2019. The field test design uses a pretest-posttest control group design. The instrument used is a validation sheet to determine the validity of learning design, questionnaire responses of students and teachers to determine the practicality and tests of critical thinking skills to determine the effectiveness of learning design. Expert judgment, teacher and student responses state that learning design is valid and practical for use in the field. After learning the critical thinking skills scores were analyzed by non parametric statistics One Sample Run Test and Mann Whitney U. Classical completeness data, critical thinking skills, and increased N-Gain scores of critical thinking skills of students who applied learning based on metacognitive strategies were better than conventional learning. Therefore the design of learning based on metacognitive strategies is feasible because it has met the criteria of valid, practical and effective ways to improve students' critical thinking skills. Keywords: metacognitive strategies, critical thinking skill.