PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA KELAS V SD NEGERI 3 TALANGPADANG KABUPATEN TANGGAMUS
Main Author: | FIRDA FIONA, 1513053189 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/57215/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/57215/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/57215/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/57215/ |
Daftar Isi:
- Masalah penelitian rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 3 Talangpadang. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 45 peserta didik. Sampel penelitian ditentukan menggunakan sampling purposive dengan jumlah 23 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan soal tes. Teknik analisis data menggunakan uji statistik independet sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing terhadap hasil belajar dengan N-Gain 0,54 yang termasuk dalam kategori sedang ditunjukkan dengan thitung 2,230 > ttabel 2,021 (dengan α = 0,05). Kata kunci: hasil belajar, kancing gemerincing, model kooperatif The problem of research is the low learning outcomes of fifth grade students of SD Negeri 3 Talangpadang. The purpose of the research was to know the positive and significant effects on the application of the cooperative learning model talking chips type towards the learning outcomes. This type of research is experimental research. The research design used is non-equivalent control group design. The study population is up to 45 students. The sample was determined by using purposive sampling with 23 students. The instrument used is test. The data analysis used is independent statistical sample t-test. The results showed that there was a positive and significant effect on the application of the cooperative learning model talking chips type to learning outcomes with n-gain 0.54 included in the medium category indicated tcount 2.230 > ttable 2.021 (with α = 0.05). Keywords: cooperative learning, learning outcomes, talking chips.