EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019)

Main Author: NADILA RIZKIANA, 1513021043
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/57148/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57148/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57148/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57148/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran koope-ratif tipe TPS ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi pe-nelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 19 Bandarlampung semes-ter genap tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII-E dan VII-J yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Desain yang digu-nakan adalah the randomized pretest-posttest control group design. Data peneliti¬an berupa skor kemampuan komunikasi matematis yang diperoleh melalui tes bentuk uraian pada materi perbandingan. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang menggunakan uji-t dan uji proporsi diperoleh kesimpulan bahwa model pembela-jaran kooperatif tipe TPS efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, komunikasi matematis, think pair share