PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK SISWA KELAS X SMA

Main Author: TEGUH , 1723041024
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/57115/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57115/2/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57115/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57115/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum dikembangkannya bahan ajar menulis puisi berupa modul pada SMA di Kabupaten Lampung Selatan, sehingga pembelajaran menulis puisi masih monoton dan kurang menarik minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul untuk materi menulis puisi untuk siswa Kelas X SMA dan menguji kelayakan bahan ajar berupa modul yang telah dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan berupa penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi sembilan dari sepuluh langkah dalam prosedur penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall. Sembilan langkah yang dilakukan yaitu (1) melakukan studi pendahuluan, (2) membuat perencanaan pengembangan produk, (3) membuat bentuk produk awal, (4) memvalidasi desain kepada ahli materi, media, dan praktisi, (5) perbaikan desain produk, (6) uji coba terbatas di tiga sekolah, (7) perbaikan dan penyempurnaan produk pasca ujicoba terbatas, (8) uji coba luas di tiga sekolah, (9) revisi akhir dan menghasilkan produk final. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan penyebaran angket di tiga sekolah. Hasil penelitian menunjukkan (1) telah dikembangkan produk bahan ajar berupa modul pembelajaran menulis puisi berbasis Project Based Learning untuk siswa Kelas X SMA yang berjudul Langkah Mudah Menulis Puisi, kemudian (2) kelayakan modul secara keseluruhan dinyatakan “sangat layak” oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi dengan persentase penilaian 93, 88,5, dan 93,3. Sementara guru dan siswa memberikan penilaian terhadap modul dengan persentase 95,7 dan 90,5 yang termasuk ke dalam kategori “sangat layak”. Kata Kunci: modul, menulis puisi, project based learning ABSTRACT The problem in this research relates at developing of teaching material on writing poetry based on Project Based Learning. This study aims at developing module teaching materials on writing poetry at the first grade students of senior high school and testing the feasibility of module that has been developed. The research method used research design and development that adapted nine of ten steps in research procedures and the development according to Borg and Gall. Nine steps are taken, namely (1) conducting a preliminary study, (2) making a product development plan, (3) making an initial product form, (4) validating the design for material experts, media, and practitioners, (5) product design improvements, (6) limited trials in three schools, (7) improvement and refinement product after limited trials, (8) extensive trials in three schools, (9) final revisions and producing final products. The data collecting technique used observation, interviews, and questionnaires in three schools. The results of the research show (1) teaching material products have been developed in form of learning module on writing poetry based on Project Based Learning at the first grade students of senior high school entitled Easy Steps in Writing Poetry, then (2) the feasibility of the module as a whole is declared "very feasible" by material experts, media experts, and practitioners with 93, 88.5, and 93.3 rating percentages. While, teachers and students provided an assessment of module with percentage of 95.7 and 90.5 which fall into the category of "very decent". Keywords: project based learning, teaching material, writing poetry