PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TRANSFORMASI GEOMETRI BERBASIS PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Main Author: MATEUS DIKI DESTINO , 1423021088
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/57114/1/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57114/2/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57114/3/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57114/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar transformasi geometri berbasis pemecahan masalah yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis siswa. Tahapan pengembangan mengikuti Brog dan Gall. Penelitian ini dilakukan di SMA Fransiskus Bandar Lampung pada siswa kelas XI tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling untuk memperoleh kelas eksperimen dan kontrol, perbedaan perlakuan dari kedua kelas adalah penggunaan bahan ajar transformasi geometri. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi untuk menentukan validitas bahan ajar, angket respon praktisi dan siswa untuk menentukan tingkat kepraktisan, serta instrumen tes kemampuan berpikir ktitis untuk menentukan kefektifan bahan ajar. Analisis validitas dan kepraktisan secara deskriptif dan analisis data kemampuan berpikir kritis secara inferensial. Hasil analisi data diperoleh bahwa pengembangan bahan ajar tranformasi geometri yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif. Kata kunci : berpikir kritis, bahan ajar. ABSTRACT The aim of this research was to develop a problem solving based geometry transformation learning material that was oriented to students' critical thinking skills. The development followed development stages introduced by Brog and Gall. This research was conducted at SMA Fransiskus Bandar Lampung on grade XI students academic year 2018/2019. The cluster random sampling technique was used to get the experiment and control class. The difference in treatment between these two classes was in the using of geometry transformation learning material. The data collection was done using the validation sheet to determine the learning material validity, the practitioners and students' response questionnaire to determine the practicality level, and the critical thinking skill test instrument to determine the effectivity of the learning material. The validity and practicality were analyzed descriptively and the critical thinking skill data were analyzed inferentially. It can be concluded from the data analysis result that the developed geometry transformation learning material was valid, practical, and effective. Keywords: critical thinking, learning material