KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SD NEGERI 23 GEDONGTATAAN
Main Author: | BEAUTY LOLLA PARASTIKA MUNANDAR, 1513053114 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/57086/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/57086/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/57086/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/57086/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah SD Negeri 23 Gedongtataan, dengan fokus penelitian (1) kepala sekolah sebagai pemimpin, (2) kepala sekolah sebagai pembaharu, (3) kepala sekolah sebagai motivator dan (4) kepala sekolah sebagai wirausahawan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah dan pendidik. Teknik Analisa data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan proses penarik kesimpulan. Hasil penelitian: kepala sekolah sebagai pemimpin yang dilakukan oleh kepala sekolah dimulai dari mengelola sekolah, mempengaruhi, membimbing, dan menggerakkan pendidik, sebagai pembaharu memiliki pola pikir kreatif dan kritis, yang bersifat fleksibel dan berkesinambungan dalam pelaksanaan pembaharuan. Kepala sekolah sebagai motivator memberikan pengaruh motivasi kepada pendidik. Kepala sekolah sebagai wirausahawan, menerima resiko, memberi peluang, dan memiliki naluri kewirausahaan mengelola sumber daya. Kata kunci: kepala sekolah, kepemimpinan, motivator, pembaharu, wirausahawan This study aims to describe the leadership of the Headmaster in public elementary school 23 Gedongtataan, with the focus of the research (1) headmaster as leader, (2) headmaster as a reformer, (3) headmaster as a motivator, and (4) headmaster as an entrepreneur. Research methods used is qualitative approach with case studies. The technique of data collection are interview, observation, and documentation. The data source is the headmaster research and educators. Technique of data analysis are, reduction of data, presentation of data, and conclusion. Results of research showed that the leadership of the headmaster, as performed by the headmaster starting from managing the school, giving influence, and guiding the educators, as well as creative and critical thought, innovation is flexible and sustainability as well as implementation of the renewing. The principal as motivators influence motivation to educators. The principal as entrepreneur, accepting the risk, giving opportunities, and entrepreneurial instincts have to manage resources. Keywords : entrepreneur, headmaster, innovator, motivator.