PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA
Main Author: | AYU NOVITASARI PANE , 1513022065 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/57044/20/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/57044/22/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/57044/21/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/57044/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran POE terhadap keterampilan proses sains siswa SMA pada materi Hukum Newton tentang gerak. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 5 Bandarlampung, dengan sampel kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Group Design. Hasil penelitian diketahui bahwa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional memiliki rata-rata N-gain sebesar 0,42, sedangkan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran POE memiliki rata-rata N-gain 0,72. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran POE terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi Hukum Newton. Besarnya pengaruh model pembelajarn POE termasuk kedalam kategori tinggi dengan nilai cohen’s d sebesar 3,40 dan dan effect size r sebesar 0,71. Kata kunci: predict observe explain, keterampilan proses sains.