PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN
Main Author: | NANDA RIZQI CAESARANI, 1513022062 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/57039/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/57039/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/57039/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/57039/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi REACT terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi energi terbarukan: kincir air, kincir angin dan energi tenaga matahari. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XII SMAN 5 Bandar Lampung, dengan sampel kelas XII IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XII IPA 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Data diperoleh dari nilai pretest dan posttest sebanyak 10 butir soal kemampuan berpikir kritis. Hasil yang diperoleh di uji menggunakan Independent Sample T-test dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,000. Hasil uji effect size memiliki nilai cohen’s d sebesar 1,22 dengan interprestasi tinggi. Berdasarkan uji hipotesis disimpulkan bahwa penggunaan strategi REACT berpengaruh signifikan iii terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi energi terbarukan. Kata kunci: Strategi REACT, Kemampuan Berpikir Kritis, Energi Terbarukan