PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

Main Author: EKA YUSTIA AL HUSNUL, 1513022043
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/57026/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57026/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57026/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/57026/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle 7e terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi Hukum Newton tentang Gerak. Populasi dalam penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Gedongtataan, dengan sampel kelas X IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 6 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Group Design. Hasil penelitian diketahui bahwa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran yang biasa diterapkan di sekolah yaitu problem solving memiliki rata-rata N-gain sebesar 0,59, sedangkan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran learning cycle 7e memiliki rata-rata N-gain 0,67. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle 7e terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Hukum Newton tentang gerak. Kata kunci: learning cycle 7e, kemampuan berpikir kritis, Hukum Newton tentang gerak.