PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ICARE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 LABUHAN RATU
Main Author: | EKA FITRIANA, 1513053071 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/57008/1/ABSTRAK%20INDONESIA%20DAN%20INGGRIS.pdf http://digilib.unila.ac.id/57008/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/57008/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/57008/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di SD Negeri 1 Labuhan Ratu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ICARE terhadap hasil belajar tematik terpadu peserta didk. jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment design, dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Poulasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V sebanyak 60 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen sebanyak 29 peserta didik dan kelas VB sebagai kelas kontrol sebanyak 31 peserta didik. Teknik pengambilan data menggunakan dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis terdapat perbedaan dan pengaruh penggunaan model pembelajaran ICARE terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Labuhan Ratu. Kata kunci : hasil belajar, model pembelajaran ICARE, pembelajaran tematik. The problem in this research was the students’ result of thematic learning in SD Negeri 1 Labuhan Ratu was still low. This research aims to find the effect of implementation problem based learning and the difference before and after using ICARE to the students’ result. The method of this research was quasi experiment design, data retrievel techniques using simple random sampling. With nonequivalent control group design as the design of this research. The result shows that there is the difference and the effect by using ICARE to the students’ result of thematic learning at the fifth grade of SD Negeri 1 Labuhan Ratu. Keywords : result of learning process, ICARE, thematic learning.