HUBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 4 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Main Author: | VIVI NOVITA SARI , 1513053007 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/56878/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/56878/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/56878/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/56878/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 4 Metro Barat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif dan signifikan lingkungan keluarga dengan hasil belajar, motivasi belajardengan hasil belajar, lingkungan keluarga dengan motivasi belajar, dan lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 4 Metro Barat.Jenis penelitian yaitu ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 42 peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 42 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, kuesioner, dan studi dokumentasi.Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan lingkungan keluarga dengan hasil belajar dengan koefisien korelasi 0,497 yang bertanda positif dengan kategori cukup kuat, motivasi belajar dengan hasil belajar dengan koefisien korelasi 0,610 yang bertanda positif dengan kategori kuat, lingkungan keluarga dengan motivasi belajar dengan koefisien korelasi 0,485 yang bertanda positif dengan kategori cukup kuat, dan lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara bersama-samadengan hasil belajar dengan koefisien korelasi 0,652 yang bertanda positif dengan kategori kuat. Kata kunci: hasil belajar, lingkungan keluarga, motivasi. FAMILY ENVIRONMENTAL RELATIONSHIPS AND MOTIVATION WITH STUDENT LEARNING OUTCOMES IN CLASS IV SD 4 METRO BARAT LESSONY YEAR 2018/2019 The problem in this study is the low learning outcomes of fourth grade students of SD Negeri 4 West Metro. This study aims to determine the positive and significant relationship of family environment with learning outcomes, learning motivation with learning outcomes, family environment with learning motivation, and family environment and learning motivation together with learning outcomes of fourth grade students of SD Negeri 4 West Metro. This type of research is ex-postfacto correlation. The population is 42 students and the research sample is 42 students. Data collection techniques were carried out namely observation, interviews, questionnaires, and study documentation. The instrument for data collection is a questionnaire with a Likert scale, which was previously tested for validity and reliability. Data analysis using product moment correlation and multiple correlation. The results showed that there was a positive and significant relationship between the family environment and learning outcomes with a correlation coefficient of 0.497 which was positively marked with a strong enough category, learning motivation with learning outcomes with a correlation coefficient of 0.610 which was positively marked with a strong, family environment with learning motivation with a correlation coefficient of 0.485 positive signs with a fairly strong category, and family environment and learning motivation together with learning outcomes with a correlation coefficient of 0.652 which is positively marked with a strong