PENGEMBANGAN DIGITAL TOURISM DESTINATION SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATA (Studi Tentang Optimalisasi Program Lampung Go Digital Di Pasar Tahura, Kabupaten Pesawaran)
Main Author: | RIA YULIANA , 1516041009 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/56867/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/56867/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/56867/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/56867/ |
Daftar Isi:
- Lampung adalah salah satu tempat tujuan wisata di Indonesia. Namun, masih ada masalah dalam hal kunjungan wisata. Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Lampung, komunitas lokal yang fokus dalam pengembangan pariwisata di Indonesia memiliki program untuk mempromosikan destinasi wisata secara digital dan untuk meningkatkan kunjungan wisata di Lampung. Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Lampung menciptakan Pasar Tahura sebagai digital tourism destination di internet. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis optimalisasi pengembangan digital tourism destination di Pasar Tahura dalam upaya meningkatkan kunjungan wisata, serta faktor yang mempengaruhi dalam optimalisasi pengembangan digital tourism destination di Pasar Tahura. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Pasar Tahura tepatnya di kawasan Tahura Wan Abdul Rachman, Kabupaten Pesawaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa optimalisasi pengembangan digital tourism destination di Pasar Tahura yaitu masukan (input) berupa jumlah SDM masih minim, sarana dan prasarana sudah memadai, ketersediaan dana sudah mencukupi dalam pengembangan Pasar Tahura; proses (process) berupa prosedur yang dilakukan dalam pengembangan Pasar Tahura belum sepenuhnya menerapkan prinsip 3A (Aksesbilitas, amenitas, atraksi), dan ketepatan waktu sudah berjalan dengan baik; keluaran (output) berupa tingkat kunjungan wisata mengalami peningkatan ; hasil (outcome) berupa pencapaian tujuan sudah berjalan dengan baik, dan dampak terhadap masyarakat sudah baik. Selanjutnya, Faktor pendukung dalam pengembangan Pasar Tahura adalah sarana dan prasarana yang memadai serta akses yang mudah dijangkau. Hambatan dalam pengembangan Pasar Tahura adalah SDM yang masih sedikit, kondisi cuaca serta penyediaan atraksi. Kata Kunci: Optimalisasi, Kinerja, Pengembangan Digital Tourism Destination Lampung is one of tourism destination places in Indonesia. However, there is still problem in term of the member of tourist visits. Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Lampung a local community which focus of tourism development in Indonesia has a program to promote tourism destination digitally and to increase tourist visits in Lampung. Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Lampung creates Tahura Market as digital tourism destination on the internet. The purpose of this study is to describe and analyze the optimization of the development of digital tourism destinations in Tahura Market as an effort to increase tourist visits, as well as factors that influence the optimization of the development of digital tourism destinations in Tahura Market. This type of research is descriptive research with a qualitative approach. The location of the research was conducted at Tahura Market in the Tahura Wan Abdul Rachman area, Pesawaran Regency. The results of this study indicate that the optimization of the development of digital tourism destinations in Tahura Market is input in the form of a minimum number of human resources, adequate facilities and infrastructure, the availability of funds is sufficient in developing the Tahura Market; the process in the form of procedures carried out in the development of Tahura Market has not fully implemented the 3A principle (accessibility, amenities, attractions), and timeliness have been going well; output in the form of tourist visits has increased; results (outcomes) in the form of achieving goals have gone well, and the impact on the community has been good. Furthermore, supporting factors in the development of Tahura Market are adequate facilities and infrastructure and easy access. Obstacles in the development of Tahura Market are few human resources, weather conditions and the provision of attractions. Keywords: Optimization, Performance, Digital Tourism Destination Development